Sunday 29 March 2015

CINTA DALAM HUKUM GARVITASI NEWTON

Dampo_awang

Cinta merupakan satu kata dengan sejuta makna. Semua makhluk hidup pasti memiliki cinta tidak terkecuali seekor binatangpun memiliki rasa cinta. Cinta merupakan rasa suka atau ketertarikan terhadap lawan jenis untuk dapat saling melengkapi kekurangan anatar satu dengan yang lain. Namun cinta pada dasarnya bukan hanya sekedar ketertarikan terhadap lawan jenis, akan tetapi bisa juga rasa cinta terhadap sang pencipta, rasa cinta kepada kedua orang tua, rasa cinta kepada keluarga, rasa cinta kepada alam sekitar dan lain-lain. Itulah sebabnya cinta memiliki sejuta makna.  Untuk selanjutnya cinta yang kita bahas dalam topik ini adalah cinta terhadap lawan jenis yaitu cinta anatar laki-laki dan perempuan. Karena topik ini sangat menarik apabila dikupas dan dibahas. Ternyata dalam hukum gravitasi Newton terdapat makna cinta? Lah kok bisa? Anda pasti sedikit bertanya dalm hati. Kita akan mencoba menghubungakan dua insan berlawanan jenis yangberpacaran dengan rumus hukum gravitasi Newton. Sehingga kita tahu makna cinta dalam hukum gravitasi newton. Baik tidak usah berlama-lama lagi hukum gravitasi Newton secara matematis dirumuskan sebagai berikut :


                                           



Keterangan :

F          :           Gaya tarik gravitasi (N)
m1, m2 :           Massa masing-masing benda (kg)
r           :           Jarak antara kedua benda (m)
G         :           konstanta gravitasi umum (6,673 x 10–11 Nm2/kg2)



Gb. Gaya Gravitasi Antara Dua Benda


Gaya tarik gravitasi  yang bekerja antara dua buah benda berbanding lurus dengan masing-masing massa benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak benda tersebut. Dapat kita tarik kesimpulan bahwa semakin jauh jarak kedua benda maka gaya tarik gravitasi antar kedua benda tersebut akan semakin berkurang dan melemah.  Sebaliknya jika jarak kedua benda tersebut semakin dekat maka gaya tarik gravitasi antara kedua benda tersebut akan semakin besar dan kuat. Ternyata cinta juga sangat dipengaruhi oleh jarak. Sekarang kita analogikan bahwa cinta itu sebagai gaya gravitasi (F) karena cinta mempunyai gaya tarik menarik antara dua orang yang berlawanan jenis. (m1) dan (m2)  diasumsikan sebagai laki-laki dan perempuan. Sedangkan jarak antara laki-laki dan perempuan tersebut kita asumsikan sebagai (r). Peran jarak dalam  suatu hubungan percintan ternyata sangat penting sekali. Jika jarak antara dua orang yang menjalin hubungan percintaan semakin jauh maka tentunya rasa cinta dan kasih sayang akan manjadi berkurang/melemah, sehingga melemahkan gaya tarik cinta. Sebaliknya jika jarak dua orang yang menjalin hubungan percintaan semakin dekat rasa cinta dankasih sayang akan bertambah kuat dan menguat. Hal ini bisa terlihat jika ada dua orang yang sedang menjalin hubungan percintaan jarak jauh atau bahasa kerenya LDR (Long Distance Relation) kemungkinan besar hubungan anatara keduanya lama-lama akan melemah karena rasio bertemu antar keduanya berkurang. Yang perlu digaris bawahi adalah kemungkinan besar jadi tidak semua orang yang menjalin hubungan jarak jauh hubunganya akan melemah bahkan bisa sampai putus. Jarak hanya akan menurunkan persentase rasa cinta kita terhadap lawan jenis sehingga rasa cinta dan kasih sayang akan melemah. tak selamanya orang yang menjalin hubung jarak jauh gaya tarik cintanya harus melemah dan berakhir, intinya harus bisa jaga komunikasi. alat komunikasi yang dimaksud seperti hp atau internet. Sehingga kita bisa tetap berhubungan dengan kekasih (pacar) melalui alat komunikasi telefon, sms, black berry mesenger, atau melalui jejaring sosial seperti facebook. Hati akan merasa lebih dekat dan rasa cinta tetap stabil harmonis. alat komunikasi disni berperan sebagai (G) dalam rumus gravitasi Newton.

Terima kasih telah meluangkan membaca artikel dalam blog ini.  Kalau kita selami dan pahami ternyata rumus fisika berlaku juga pada kehidupan nyata seperti cinta dalam hukum gravitasi Newton. 

0 komentar:

Post a Comment

“Terima kasih telah membaca artikel di blog saya, silahkan tinggalkan komentar”