Thursday 30 April 2015

BELAJAR FISIKA DARI NARUTO

Dampo_awang

Mungkin ketika melihat judul diatas anda bingung dan bertanya-tanya? Bagaimana bisa kita belajar fisika dari kartun naruto. Fisika memang selama ini memiliki kesan yang cukup seram dan menakutkan bagi para siswa. Tidak lain disebabkan karena fisika merupakan mata pelajaran yang identik dengan banyak rumus. Bahkan tidak jarang seorang guru di cap sebagai guru yang menyeramkan gara-gara guru yang bersangkutan mengampu mata pelajaran fisika. Efek mata pelajaran fisika yang seram ternyata juga turut mempengaruhi kesan seorang guru yang mengampunya. Padahal belum tentu seorang guru yang mengampu mata pelajaran fisika adalah seorang guru yang menyeramkan. Bahkan bisa jadi seorang guru yang mengampu mata pejaran fisika malah seorang guru yang ramah, baik hati,cantik, dan ganteng. Belajar fisika tak selamanya harus fokus dan serius kalau kita terlalu seius dalam belajar lama-lama kita akan bosan bahkan bisa stress. Ada kalanya kita belajar fisika dengan santai. Yaitu dengan cara mengkaitkan pelajaran fisika dengan film kartun khususnya naruto. 

Materi fisika yang berhubungan dengan film kartun naruto adalah perpindahan kalor.  Dalam fisika perpindahan kalor dapat melalui tiga cara yaitu konduksi (hantaran), konveksi (aliran, dan radiasi (pancaran). Dari ketiga cara perpindahan panas diatas yang ada hubunganya dengan film naruto adalah perpindahan panas secara konveksi atau hantaran. Konveksi adalah perpindahan panas pada suatu zat yang disertai perpindahan partikel-partikel zat tersebut. Ciri khas konveksi adalah terdapat gerakan memutar pertikel-partikel zat penyusun bisa zat cair atau gas. Untuk zat cair kita bisa mengamati gerakan memutar partikel secara jelas. Tapi untuk zat gas mungkin cukup sulit untuk mengamati gerakan memutar tersebut. Nah disini kita coba mempermudah dengan cara mangkaitkan dengan film naruto.

Mungkin tidak semua orang mengikuti film naruto, sehinggan saya bercerita sedikit tentag film naruto supaya lebih mudah dipahami. Naruto merupakan film yamg bercerita tentang kehidupan ninja. Sebagai seorang ninja naruto berlatih berbagai jurus-jurus. Salah satu jurus yang dipelajari naruto adalah rasengan. Jurus dengan putaran cakara yang sangat kuat. Dalam latihan naruto memanfaatkan media balon sebagai tempat menyalurkan cakranya.  Setelah cakra tersalurkan didalam balon maka cakra dibuat pusaran. Dalam beberapa sesi putaran cakra ini terlalu kuat sehingga dapat merobek permukaan balon dan meledak. He he he he.. namnya juga film kartun jadi wajar kalau ceritanya memang khayal penuh imajinasi. Cakra disini merupakan tenaga dalam yang di ibaratkan seperti angin atau gas.

belajar fisika dari naruto

“Jadi, jika energi panas dalam balon semakin besar, maka partikel-partikel gas (cakra) akan bergerak memutar semakin cepat. Semakin ccepat dan cepat lagi putaran gas (cakra) hingga akhirnya partikel-partikel gas (cakra) merobek permukaan balon dan meledak”

Itulah sedikit tentang fisika dalam film naruto. Ternya tidak selamnya film kartun memberikan efek yang negatif, tetap terkadang kita juga bisa belajar melalui film kartun. Semua yang terdapat dalam artikel ini berdasarkan sudut pandang penulis. Semua tergantung selera masing-masing. Terima kasih semoga bermanfaat!!!!!!!!

0 komentar:

Post a Comment

“Terima kasih telah membaca artikel di blog saya, silahkan tinggalkan komentar”