Monday 3 August 2015

Besaran-Besaran Fisis Gerak Jarak tempuh Dan Perpindahan

Dampo_awang


Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas tentang besaran-besaran gerak kerangka acuan dan posisi. Seperti janji penulis sebelumya pada artikel kali ini akan menyajikan tentang besaran-besaran gerak jarak tempuh dan perpidahan. Seperti kebanyakan orang menganggap bahwa jarak tempuh dan perpidahan memilki maka yang sama. Hai ini tentu sangat berbeda apabila kita membicarakan jarak tempuh dan perpidahan dalam lingkup fisika. Masing-masing memiliki makna yang sangat berbeda, baik tidak usah megulur-ulur waktu kita langsung masuk ke materi besaran-besaran fisis gerak jarak tempuh dan perpindahan berikut ini.

Jarak

Jarak tempuh dapat didefinisikan sebagai panjang lintasan yang ditempuh suatu benda yag bergerak dalam selang waktu tertentu.  Masih ingatkah kita dengan jenis-jenis besaran yaitu diataranya besaran skalar dan vektor.  Jarak termasuk kedalam besaran skalar yang  haya mempunyai besar saja dan tidak memiliki arah. Misalnya Andi berjalan kaki menuju toko buku sejauh 200 m. Karena dalam keteraganya tidak disebutkan arah dalam gerakan Andi sehingga hal tersebut termasuk kedalam jarak yaitu sejauh 200 m.

Perpindahan


Perpindahan  dapat didefinisikan sebagai perubahan posisi suatu benda yag bergerak dalam selang waktu tertentu. Perpindahan termasuk kedalam besaran vektor  yang  mempunyai besar dan arah.  Berbeda denga jarak tempuh yang merupakan pajang lintasanya, perpindahan hanya memperhatikan posisi awal dan posisi akhir suatu benda yag bergerak terhadap keragka acuan dan tidak tergantung pada pajang litasan yag ditempuh oleh benda tersebut. Besarnya perpindahan dapat ditentukan dengan persamaan sebagi berikut :

Keterangan :
x12   =   perpindahan
x2    =  posisi akhir benda
x1    = posisi awal benda

Besarnya jarak yang ditempuh mobil  tersebut   sebesar  100 m + 50 m = 150 m. Sedangkan untuk perpindahan mobil dapat dilihat pada gambar dibawah ini sebagai berikut :

Gb. Jarak Tempuh Mobil

Besarnya perpindahan adalah 100 m – 50 m = 50 meter. Perubahan posisi mobil hanya sejauh 50 meter  terhadap  posisi awal. Karena perpindahan termasuk besaran vektor maka kita wajib meyertainya degan arahnya. Arah vektor perpindahan mobil  ke arah  timur atau searah sumbu x positif, yang di tunjukan degan anak panah berwarna biru.

Gb. Perpindahan Mobil

Demikianlah artikel besara-besaran fisis gerak jarak tempuh dan perpindahan. Semoga denga membaca artikel ini anda semakin memahami dan dapat membedakan jarak tempuh dan perpidahan. Sebab dengan kita paham tetang jarak tempuh dan perpindahan, kita akan semaki mudah untuk memahami materi selanjutnya yaitu besaran-besaran gerak kelajua dan kecepatan.

0 komentar:

Post a Comment

“Terima kasih telah membaca artikel di blog saya, silahkan tinggalkan komentar”