Thursday 30 April 2015

FISIKA ALAT OPTIK

Dampo_awang

Apakah anda termasuk orang yang memakai kaca mata? Pernahkah anad melihat film tentang detektif yang selalu membawa kaca pemebesar? Pernahkan anad melakukan praktikum biologi dengan menggunakan lup? Pernahkah anda melihat bintang dilangit menggunakan teropong? Alat-alat yang tersebut diatas merupakan alat optik. Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang fisika alat optik.
Fisika Alat Optik


A.
  Pengertian alat optik
Alat optik adalah alat yang bekerja berdasrakan prinsip cahaya.dengan adanya alat optik ini kita dapat menikmati keindahan alam semesta, dapat mengabadikan momen bersejarah dalam hidup kita melalui selembar foto. Dan bisa melihat benda-benda yang ukuranya sangat kecil seperti bakteri dan virus. Kita wajib bersyukur dengan adanya alat optik hidup manusia lebih efisien dan indah.

B.  Macam macam alat optik
Terdapat macam-macam alat optik yaitu :
1.      Mata
Mata merupakan bagian dari panca indra manusia, mata merupakan alat optik tercanggih yang pernah ada. Dengan adanya mata kita bisa melihat dan menikmati keindahan alam sekitar.

2.      Lup
Lup merupakan alat optik  yang digunakan untuk memperbesar ukuran suatu benda yang kecil menjadi besar. Lup ini sering identik dengan seorang ditektif karena alat ini sangat membantu dalam proses penyelidikan suatu masalah.

3.      Mikroskop
Mikroskop merupakan alat optik dengan prinsip kerja yang sama seperti lup yaitu memperbesar ukuran suatu benda, namun ukuran benda yang diperbesar sangatlah kecil (mikro).

4.      Kamera
Kamera merupakan alat optik yang berfungsi untuk mengabadikan suatu peristiwa bersejarah individu. Kamera merupakan alat optik yang sering kita guanakan mulai dari kamera tradisional yg masih pakai rol film, kamera digital, hingga yang tercanggih adalah kamera hand phone.

5.      Teropong
Teropong merupakan alat optik untuk melihat benda-benda langit yang letaknya sangat jauh dari bumi seperti bintang, meteor, asteroid, bulan, matahari dll.


Cukup sekian perkenalan kita dengan  alat optik, semoga bermanfaat. Untuk lebih jelasnya tentang mata, lup, mikroskop, kamera, dan teropong  penulis akan membahas pada postingan yang selanjutnya. silahkan klik kata yang berwarna biru diatas.

0 komentar:

Post a Comment

“Terima kasih telah membaca artikel di blog saya, silahkan tinggalkan komentar”